Kumpulan Kata - Kata Mutiara Terbaru Versi Bahasa Sunda - Artikel Kesehatan

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah kata - kata sunda lucu dan nyeleneh, untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan seputar kata - kata yaitu, kata - kata mutiara bahasa sunda. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, bahwa Indonesia ini adalah negara yang banyak pulau, dan juga di dalamnya juga ada kebudayaan yang berbeda - beda, dan itulah uniknya Indonesia di bandingkan dengan negara lain di dunia ini. Dengan banyaknya kebudayaan dan ras di negara kita, bagusnya kita menghormati dan juga menjungjung tinggi bangsa ini, akan tetapi ada keadaan kita salah betindak atau berbicara, ketika kita pergi ke sebuah tempat yang kebudayaanya berbeda dari kita tinggal, seperti ke jawa atau juga ke sunda. Dua ras tersebut adalah ras yang cukup populer di Indonesia.
Kumpulan Kata - Kata Mutiara Terbaru Versi Bahasa Sunda
Tentunya tidak hanya Sunda atau Jawa, Indonesia juga banyak sekali suku dan ras yang tentunya harus kita jaga dan juga lesatarikan. Dengan banyaknya suku dan juga ras yang ada di Indonesia, secara tidak langsung Indonesia juga mempunyai banyak sekali kebudayaan. Oleh sebab itu mempelajari kebudayaan kita sendiri bisa dikatakan wajib harus anda ketahui. Dengan mempelajari kebudayaan dan bahasa setiap daerah di Indonesia maka komunikasi dengan suku atau ras lain pun tidak akan menjadi masalah.

Sebuah kata - kata juga bisa membuat seseorang menjadi luluh atau mengubah pola pikirnya, apalagi jika kata - kata yang diberikan sangat mudah di cerna dan mudah untuk di mengerti seperti menggunakan bahasa daerah. Dan tidak sedikit orang yang memakai bahasa daerah seperti Sunda untuk menyatakan cinta pada pasangannya selain sangat mudah dimengerti dengan memakai bahasa daerah juga pasangan anda akan lebih mengerti sehingga pesan yang disampaikan pun tidak akan ambigu dan tepat pada poin yang akan anda bicarakan atau akan anda sampaikan.

Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa berbeda kebudayaan beda juga bahasanya, ada yang di sebut dengan bahasa daerah. Seperti bahasa sunda, adalah bahasa yang rata - rata penduduknya tinggal di jawa barat. Seperti masyarakat pada umumnya, masyarakat sunda sering sekali mendapatkan masalah, senang dan sedih di dalam kehidupannya, nah untuk anda yang mempunyai teman sunda, atau juga anda tinggal di ras sunda. Mungkin kata - kata mutiara sering sekali anda ucapkan bagi teman anda atau juga keluarga anda. Dengan kata - kata mutiara juga kita bisa menginspirasi orang yang sedang terpuruk atau sedang galau, kalau dalam bahasa gaulnya. Mungkin di bawah ini ada kata - kata mutiara versi bahasa sudan yang bisa anda gunakan untuk teman, keluarga, atau juga pacar anda.

“Kecap manusia ngabogaan harti “Mana nu sia” jeroning makna nu langkung jerona nyatana jalma mah ngan saukur katitipan lain miboga.”

“Cita-cita nyaeta hak pikeun kabeh manusia, sing keyeung kana naon nu di tuju tangtu pareng nu di tujuna.”

“Di ajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan.”

“Ayana kasusah dina hiji urusan kupedah ayana kagampilan. Ulah di tempo kasusahna tapi tempo mah jalan kaluarna ngarah temu jeung bagjana.”

“Hirup ekeur paeh bakal, sing yakin kana takdir ti pangeran jeung ulah hariwang teu di milikan da jangjina pangeranmah yakin moal sulaya beda jeung jangjina manusa.”

“Seuri bari hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.”

“Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar di keueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona.”

“Terkadang Pami Cinta geus melekat tai Ucing karasa nikmat siga coklat.”

“Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.”

“Susah jeung senang dina kahirupan pasti bakal kasorang salagi jasad jeung roh, napel ngahji ibarat gula jeung a misna.”

“Istilah barudak ayeuna teu lepas tina kecap jatuh cinta, numana ngandung harti tut wuri hayandani (hitut nyeri hayang deui). Geus puguh jatuh cinta teh nyeri tapi hayang deui hayang deui.”

"unung teu meunang di lebur, sagara teu meunang di ruksak, buyut teu meunang di rempak."

"Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh."

"Ulah nyaliksik ku buuk leutik."

"Neangan luang tipapada urang."

"Agul ku payung butut."

"Aku-aku angga."

"Alloh tara nanggeuy di bongkokna."

"Anak merak kukuncungan."

"Ari darah supana, kudu dijaga catangna = ari diarah supana, kudu dipiara catangna."

"Ari umur tunggang gunung, angen-angen pecat sawed."

"Asa katumbu umur = asa ditumbu umur."

"Asa potong leungeun katuhu = asa pingges katahu"

"Ateul putih badan bodas."

"Awet rajet."

"Aya garad = boga garad."

Nah itu tadi beberapa kata - kata mutiara versi bahasa sunda, untuk anda yang sedang tidak enak dalam kehidupan di dunia ini karena alasan tertentu, akan tetapi anda juga bisa memberikan kepada teman atau pacar anda kata - kata diatas tadi. Kata - kata mutiara sunda diatas tadi sebenarnya masih banyak sekali, tergantung orang yang membuatnya, dan ada bagusnya jika anda membuat atau menciptakan kata - kata mutiara tersebut dan tentunya di dalam bahasa sunda. Dan hal tersebut lebih bagus lagi ketimbang anda mendapatkannya dari teman lain, atau dari internet seperti diatas tadi.

Terkadang dengan sebuah kata - kata yang disampaikan dari orang terdekat seperti keluarga atau teman bisa membuat kita berubah dan lebih semangat lagi untuk menjalani hidup ini, semoga dengan kata - kata mutiara bahasa sunda diatas tadi pun bisa membuat teman atau kerabat anda bisa kembali semangat dan bangkit dari keterpurukan. Sebagai keluarga, saudara atau juga teman sudah sepatutnya kita harus membantu, dikala kita jauh dari mereka kata - kata motivasi adalah salah satu obat yang bisa menggerakan hati mereka yang sedang terpuruk agar kembali bangkit dan senang kembali.


from Cinuy Blog http://ift.tt/1DJDFNh
Kumpulan Kata - Kata Mutiara Terbaru Versi Bahasa Sunda - Artikel Kesehatan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kumpulan Kata - Kata Mutiara Terbaru Versi Bahasa Sunda - Artikel Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top