12 Fakta Menarik Manfaat Musik Untuk Kehidupan Manusia - Artikel Kesehatan

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi seputar khasiat dari teh hijau untuk kesehatan tubuh. Dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada dan sebuah informasi yang cukup unik, yaitu manfaat kita sering mendengar musik, musik adalah alunan nada yang indah dengan komposisi di dalamnya beranekaragam, dari media gitar, drum, bass atau yang lainnya, dan di era teknologi ini, beberapa media tersebut bisa di gantikan dengan sebuah komputer yang bisa menghasilkan suara yang persisi dengan alat - alat musik tersebut, tidak hanya itu komputer juga bisa menghasilkan suara musik yang tidak ada alat musiknya, seperti Disk Jockey atau yang sering kita sebut dengan DJ. Banyak sekali orang yang sekarang berpindah propesi ke ahli DJ ini, seperti yang kita bisa lihat di tv - tv atau juga jika anda pergi ke sebah diskotik.
12 Fakta Menarik Manfaat Musik Untuk Kehidupan Manusia
Seorang ahli DJ pastinya mempunyai selera musik yang tinggi juga bagus, dan mungkin anda juga ada yang suka mendengarkan musik, tidak sedikit orang yang mengerjakan sesuatu dengan di temani alunan musik, genre musik juga semakin kesini semakin banyak dari rock, blues, sampai yang sekarang sedang anik daun adalah musik dangdut, sebuah musik yang merakyat bagi orang Indonesia. Akan tetapi di balik musik tersebut, tersimpan sebuah khasiat yang bisa membuat kita lebih sehat, sehat di sini bukan menyehatkan penyakit, akan tetapi jiwa kita, karena pada dasarnya ketika kita mendengar sebuah musik yang kita sukai jiwa kita akan lebih tenang lebih relaks, terlebih lagi jika kita tahu betul semua nada dan lirik dari musik tersebut. Nah di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mendengarkan musik yang kita sukai.

1. Musik Rap Bisa Kreatif
Untuk anda yang suka dengan musik rap, mungkin anda belum tahu bahwa dengan memainkan dan mendengarkan musik rap tersebut bisa membuat kita kreatif, karena pada dasarnya musik rap dengan lirik yang spontanitas dan improvisasi, akan tetapi penyuka jenis musik ini, tidak smua orang, dan yang menyukainya pun bisa di hitung, akan tetapi manfaat yang di berikannya sungguh luar biasa untuk knerja otak kita. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontan, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Karena otak mempunyai fungsi dan betanggung jawab untuk menghasilakan ide - ide yang kreatif dan juga brilian.

2. Musik Klasik Bisa Fokus
Untuk anda yang tidak bisa fokus pada palajaran mungkin anda bisa mendengarkan musik - musik klasik, alunan nadanya yang khas serta liriknya yang dalam dan tidak terlalu berat, memungkinkan anda harus berfikir untuk mencari tahu makna dari lirik musik klasik tersebut. Peneliti dari Stanford University menunjukkan musik klasik akan membantu pikiran lebih fokus dan dapat memilah informasi. Nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Musik Enerjik Bisa Semangat
Terkadang kita selalu tidak mengetahui, ketika kita mendengarkan musik yang mempunyai tempo cepat dan musik tersebut tergolong musik yang enerjik, tubuh kita pun akan terbawa inerjik dan bersemangat. Salah satu fakta dari musik sendiri adalah musik bisa mempengaruhi sistem pusat saraf yang di dalamnya ada kegiatan sekaligus membantu mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan. Untuk anda yang tidak bersemangat mengawali hidup ini, mungkin anda bisa mendegarkan musik yang enerjik, dan ada bagusnya musik tersebut adalah musik kesuakaan anda. Nada cepat yang ada di musik enerjik tersebut dapat membangun semangat dan memberi inspirasi untuk aktif.

4. Lagu Favorit Baik Untuk Anda
Mungkin diantara kalian mempunyai lagu favorite entah itu lagu Indonesia atau juga lagu dari luar negeri. Mempunyai lagu favorit sangat bagus bagi anda, terlebih lagi anda mengetahui makna dari lirik lagu tersebut, dan juga bisa memainkan salah satu instrumen yang ada di dalam lagu tersebut. Dengan mendengar musik yang anda sukai bisa memicu pelepasan dopamin, sebuah neurotransmitter di otak yang dapat meningkatkan rasa senang. Jadi, sering-seringlah mendengarkan lagu favorit agar mood Anda semakin baik.

5. Nada Tertentu Bisa Menyembuhkan
Dari tadi kita membicarakan manfaat lagu untuk kesehatan jiwa kita mengasah kereatifitas kita di dunia ini, akan tetapi sebuah musik bisa menyembuhkan kita, entah itu penyakit atau juga menyembuhkan yang lainnya, ada nada - nada tertentu yang bisa membuat seseorang ada di dalam ketengannnya. Sebuah studi di University of Kentucky memaparkan ada seorang pasien yang mendengarkan musik yang lembut sebelum, selama dan setelah operasi. Ternyata setelah mendengarkan musik tersebut, rasa nyeri dan kecemasan pasien berkurang, sehingga hanya memerlukan sedikit obat penenang. Dan sebaliknya jika genre musik tersebut, adna tidak menyukainya, akan tetapi sesorang memaksa anda untuk mendengarnya, lama - kelamaan musik tersebut bisa memicu penyakit yang ada di dalam tubuh anda.

6. Musik Bisa Membantu Pemulihan Stroke
Mungkin ini adalah salah satu penyakit yang sangat ditakutkan oleh orang - orang pada zaman sekarang penyakit ini sama levelnya dengan penyakit jantung yang bisa saja datang secara tiba - tiba tanpa kita sadari, Dan untuk memulihkannya pun memerlukan waktu yang tidak sedikit, dan ada juga orang yang tidak beruntung pada waktu mendapatkan penyakit ini. Orang yang sedang dalam masa pemulihan pasca terserang sroke ada bagusnya bisa dipendengarkan musik, untuk membantu mengingat kembali hal - hal yang terlupakan dengan seseorang atau dengan hal lainnya. Musik juga bisa mengurangi rasa tertekan dan bingung. Musik, katanya, dapat membantu memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak di otak.

7. Bisa Meredakan Stress
Siapa di dunia ini yang belum pernah merasakan stress, pasti semua orang apalagi orang dewasa sering sekali mengalami stress, masalah yang terus saja ada setiap harinya menjadi makanan setiap hari bagi setiap orang memang hal tersebut adalah hal yang normal karena jika ada orang yang tidak mempunyai masalah sekecil apapun hanya bagi orang yang mati saja. Stress yang berkepanjang bisa membuat penyakit di dalam tubuh kita bertumbuh dan berkembang biak, oleh karena itu stress harus di selesaikan dan diobati oleh anda sendiri atau juga bisa menggunakan sebuah alunan musik. Alunan nada dari sebuah musik di percaya bisa mengistirahatkan dan menenangkan otak kita ketika stress. Jadi bagi anda yang sedang stress bisa mencoba mendengarkan lagi favorit anda.

8. Meningkatkan Kemampuan Visual, Verbal dan Kecerdasan
Berlanjut dari poin yang ke dua bahwa musik dengan genre klasik bisa membuat fokus seseorang yang mendengarkannya, dan ternyata musik juga mmapu untuk meningkatkan visual, verbal, dan juga kecerdasaan. Oleh karena itu musik - musik dengan jenis genre tertentu sangat disarankan bagi anak anda agar keterampilan visual dan juga verbalnya lebih baik dan juga bagus. Musik juga dapat meningkatkan kecerdasan IQ seseorang ketika musik tersebut cocok dengan orang tersebut.

9. Musik Dapat Mempengaruhi Pandangan Masalah dan Dunia Luar
Selanjutnya musik bisa mempengaruhi bagaimana kita melihat dunia sekitar dan masalah, apalagi jika kita mendengarkan musik kesukaan atau musik favorit. Salah satu contoh yang mungkin sering terjadi di dalam kehidupan kita yaitu pada saat kita sedang jatuh cinta, ketika seseorang sedang jatuh cinta mungkin kebanyakan mereka akan mendengar jenis musik lembut romantis dan tentunya tema musik tentang cinta. Contoh lainnya ketika anda mendengar jenis musik rock atau metal, mungkin anda akan memandang dunia ini adalah tempat yang tidak aman, apalagi jika anda mengerti betul makna lirik dari musik anda yang anda dengar.

10. Musik Dapat Mempengaruhi Mood Seseorang
Percaya atau tidak musik bisa mempengaruhi mood seseorang atau terkadang bisa mempengaruhi diri seseorang, jenis musik dengan tempo yang cepat biasanya akan merubah prilaku seseorang menjadi lebih agresif dan juga bersemangat atau terkadang tidak bisa terkontrol. Sedangkan untuk jenis musik yang lembut atau lambat biasanya akan membuat diri seseorang menjadi lebih tenang, nyaman dan juga rileks. Oleh karena itu tidak heran banyak orang yang beraktifitas dibarengi dengan mendengarkan musik, hal tersebut memang bisa merubah dan menambah mood ketika anda sedang melakukan sesuatu.

11. Musik Bisa Membuat Cepat Tidur
Untuk anda yang susah tidur atau sering mendapatkan insomnia pada malam hari sebenarnya ada beberapa yang bisa anda lakukan agar anda bisa cepat tidur salah satunya yaitu mendengarkan musik, jenis musik yang direkomendasikan untuk anda yang ingin cepat tidur yaitu jenis musik klasik atau musik dengan irama santai. Musik sendiri secara tidak langsung dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh kita. Selain anda bisa bisa cepat tidur mendengarkan musik juga bisa membuat tidur anda nyenyak.

12. Mengubah Mood Baik Pada Saat Mengemudi
Poin yang ke 12 ini masih berlanjut pada poin ke 10 yaitu musik bisa memberikan mood baik untuk seseorang yang sedang depresi atau sedang galau. Hal ini sangat bagus untuk anda yang akan berpergian jauh menggunakan kendaraan seperti contohnya menggunakan mobil. Sebuah penelitian menemukan bahwa pengemudi yang mendengarkan musik bisa memperngaruhi suasana hati, pengaruh suasana hatinya pun kearah yang baik sehingga sangat dianjurkan jika anda menyetel lagu di dalam mobil namun jangan terlalu tinggi volumenya agar suara diluar pun bisa anda dengar.

Mungkin itu tadi beberapa informasi dari fakta seputar musik yang belum banyak orang mengetahuinya, terkadang banyak orang yang mendengar musik, hanya mendengarnnya, tidak menghayatinya, jika anda mengahayati lagu yang anda sukai, mungkin anda pun bisa merasakan atmosfir yang ada di dalam lagu tersebut, terkadang kebidupan kita di dunia ini, harus ada nada yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik lagi. Karena tanpa musik hidup kita tidak lengkap seperti sayar tanpa garam. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.


from Cinuy Blog https://ift.tt/1TXz3Yf
12 Fakta Menarik Manfaat Musik Untuk Kehidupan Manusia - Artikel Kesehatan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "12 Fakta Menarik Manfaat Musik Untuk Kehidupan Manusia - Artikel Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top