12 Kebiasaan Buruk Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Mata - Artikel Kesehatan

Sebelumnya saya telah memberikan 2 artikel tentang kesehatan mata dari menjaga mata agar sehat dan juga makanan yang bagus untuk mata, dan sekarang saya akan memberikan sebuah informasi tentang mata juga yaitu, beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat mata anda tidak sehat. Sebenarnya banyak sekali kebiasaan orang - orang pada zaman sekarang yang tidak bagus untuk kesehatan matanya sendiri. Akan tetapi saya akan memberikan 5 kebiasaan yang sering di lakukan oleh orang - orang pada zaman sekarang. Seperti yang kita ketahui mata banyak sekali peranannya di kehidupan kita, kita bisa melihat objek di manapun dan sejauh apapun kita bisa melihat, dan hal tesebut tegantung pada kemampuan melihat kita.

Kemampuan melihat tersebut lambat laun akan mengurang dan akhiranya mati total jika anda melakukan kebiasaan buruk yang bisa membuat kemampuan mata anda hilang. Seperti kebiasaan menonton tv atau bermain game di depan layar tv atau komputer yang tidak di kontrol akan mengakibatkan mata sering mengeluarkan air, dan juga penglihatan akan berkurang, dan pada akhrinya anda harus menggunakan bantuan kacamata. Hal ini bisa tejadi kepada orang tua atau pun remaja, teruatam anak - anak, yang suka sekali dengan yang namannya game atau film di tv. Anda sebagai orang tua harus memberikan batasan kepada anak anda ketika mereka ingin bermain game atau menonton sebuah film di tv.

Nah apa saja kebiasaan buruk yang bisa membuat mata kita hilang atau berkurang kemampuna melihatnya, di bawah ini ada penjelasannya.

1. Merokok

Merokok
Ini sudah jelas adalah salah satu penyebab yang sering kita ketahui, kita sadar bahwa roko tidak ada sama sekali manfaatnya bagi tubuh kita, malahan sebaliknya rokok memberikan penyakitnya ke tubuh kita agar tubuh kita tidak seimbang dan dampak kelanjutannya tubuh akan tejangkit penyakit. Ada banyak bahan kimia di dalam rokok yang dapat merusak bagian sensitif pada retina, Salah satunya adalah makula.

2. Terlalu Lama Menggunakan Mata

Terlalu Lama Menggunakan Mata
Hal ini bisa tejadi ketika kita sedang belajar ataupun keasikan main game di depan layar komputer atau juga di depan layar tv, yang seharusnya mata anda harus terlelap, akan tetapi telalu keasikan hal tesebut di abaikan oleh anda. Akibat dari kebiasaan tadi mata anda akan cepat melemah daya pandangnya. Karena hal ini bisa menyebabkan kelelahan pada mata yang dapat memicu kerusakan mata.

3. Sinar UV
Sinar UV
Sinar ini adalah sinar yang di hasilkan oleh matahari, ketika pada musim panas, suhu matahari sedang naik, oleh sebabnya di anjurkan untuk anda yang ingin berpergian keluar rumah pada jam - jam siang harus menggunakan kacamata hitam, untuk memantulkan cahaya ultra violet tersebut. Karena sinar ini dapat membakar kornea dan menyebabkan kerusakan lensa mata dan retina. Selain itu, sinar UV juga meningkatkan risiko katarak.

4. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi mata jika tidak diobati. Ini merusak pembuluh darah di retina, daerah di belakang mata. Penyakit ini dikenal sebagai retinopati hipertensi. Jadi jika anda mempunyai tekanan darah tinggi, anda harus menghindari masalah baik itu di dalam pekerjaan atau juga di rumah anda, karena biasanya orang yang mempunyai tekanan darah tinggi akan cepat marah ketika di hadapkan dengan suatu masalah, dan mara itu lah yang bisa berbahaya pada kesehatan mata anda.

5. Diabetes
Diabetes
Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, Anda lebih mungkin mengembangkan beberapa penyakit mata seperti glaukoma, retinopati diabetes, di mana retina dapat mengalami kerusakan parah. Selalu rutin ke dokter untuk mencek penyakit anda, agar terkontrol, dan agar tidak merambat ke beberapa organ yang penting, seperti hati atau juga jantung, dan untuk mata juga tidak menutup kemungkinan bisa terpengaruhi kesehatannya oleh penyakit diabetes.

6. Alkohol
Alkohol
Asupan alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. Alkohol dapat menyebabkan masalah pada penglihatan Anda dan kesehatan mata secara keseluruhan. Anda mungkin akan mengalami penurunan kinerja visual, reaksi pipil yang lambat, sering migrain, mata kemerahan dan penurunan sensitivitas kontras. Jadi jika anda yang sekarang suka sekali meminum minuman yang mengandung alkohol yang banyak ataupun sedikit, mulailah menguranginya untuk kesehatan mata anda.

7. Menonton TV Sambil Tiduran
Menonton TV Sambil Tiduran
Mungkin sewaktu anda kecil ibu anda pernah memarahi anda, karena menonton tv sembari tiduran, jika hal tersebut anda biarkan, bisa jadi pada saat anda besar mata anda akan terganggu. Selain posisi yang tidak bagus pada mata pada saat menonton tv ditambah lagi jika anda menontonnya terlalu dekat, sinar dari tv bisa merusak retina di dalam mata, oleh karena itu jika anda ingin menonoton tv ada baiknya jaga jarak mata dengan layar tv dan usahakan di dalam ruang anda cerah, dan hindari ruang gelap pada saat menonton tv.

8. Membaca Pada Saat di Perjalanan
Membaca Pada Saat di Perjalanan
Apakah anda suka dengan membaca pada saat di dalam mobil atau di dalam kereta, ada baiknya hindari kebiasaan tersebut. Penglihatan kita bisa buyar jika melakukan hal tersebut, karena di dalam kendaraan terutama yang di darat, selalu ada gerakan atau guncangan karena jalan yang rusak atau jalan yang berbelok - belok, ketika kita membaca ada baiknya objek yang kita baca sedang dalam keadaan diam dan tidak bergerak. Berbeda jika membacanya di mobil atau kereta, pasti anda selalu terguncang yang membuat objek yang di baca tidak diam.

9. Tidak Memamakai Kacamata Hitam
Tidak Memamakai Kacamata Hitam
Untuk anda yang bekerja di luar ruagan mungkin di siang hari, anda butuh yang namanya kacamata hitam, kenapa ?. Karena sinar UV atau sinar dari matahari tidak hanya bisa merusak kulit jika terpapar terlalu lama namun bisa juga merusak mata kita jika terus - terusan melihat dengan cahaya yang terik. Oleh karena itu jika di luar sangat panas dan terik usahakan gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata anda, pada saat mengedari motor pun usahakan pilih helm yang mempunyai tambahan kaca hitam untuk mata agar tidak siau pada saat mengendari sepeda motor. Dan ini pun secara tidak langsung mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya.

10. Terlalu Lama Bekerja Dengan Komputer
Terlalu Lama Bekerja Dengan Komputer
Mungkin saya tidak akan terlalu banyak menerangkan di bagian yang ke 10 ini, terlalu lama bekerja di komputer akan membuat mata kita kurang sehat, apalagi jika kita setiap hari bekerja di depan komputer atau laptop. Radiasi dari kaca desktop atau layar komputer sangat mempengaruhi sekali pada kesehatan mata kita, jadi bagaimana solusinya karena kita tidak mungkin untuk bekerja tanpa sebuah komputer apalagi pekerjaan kantoran. Jadi anda bisa setiap beberapa menit sekali tidak menatap layar komputer dan melihat pemandangan atau melihat benda lain. Dan jika sudah mulai lelah istirahat tidur adalah obat untuk membuat mata kita segar kembali, dan bersemangat untuk kerja.

11. Hindari Membaca di Ruang Redup
Hindari Membaca di Ruang Redup
Untuk anda yang suka membaca ada baiknya ketika anda membaca pastikan ruangan yang dipakai cukup pencahayaanya, jangan membaca di ruangan yang tingkat pencahayaannya kurang. Jika anda terlalu sering membaca di ruang dengan pencahayaan yang redup. Dengan membaca di ruang yang terang anda pun akan merasa nyaman pada saat membaca plus mata anda pun akan terjaga kesehatannya.

12. Hindari Tidur Memakai Kontak Lensa
Hindari Tidur Memakai Kontak Lensa
Selanjutnya untuk anda yang suka memakai kontak lensa ada baiknya jangan biarkan anda memakai kontak lensa sampai anda tertidur. Pada dasarnya menggunakan kontak lensa lebih rentang terkena hal - hal yang tidak di inginkan pada mata anda dibandingkan jika anda memakai kacamata. Perlu anda ketahui pada saat anda tidur tidak hanya tubuh anda yang bernapas namun mata anda pun bernapas, dan jika mata anda masih terpasang kontak lensa, mata anda pun tidak bisa bernapas dengan lancar. Oleh karena itu hindari menggunakan kontak lensa dengan durasi yang lama dan hindari juga tidur memakai kontak lensa.

Nah itu tadi ulasan dari saya tentang kebiasaan yang buruk untuk kesehatan mata anda, jika anda sedang melakukan hal tersebut atau mempunyai salah satu kebiasaan yang ada diatas tadi, ada baiknya anda harus menguranginya dan juga menghentikannya, terkadang kita selalu keasikan dalam suatu hal, dan tidak mementingkan resiko yang anda dapat karena keraskusan anda. Seperti contohnya ketika anda keasikan bermain game di komputer atau di laptop dengan durasi waktu yang tidak cukup sedikit, lama ke lamaan mata anda pun akan terkena dampaknya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.


from Cinuy Blog http://ift.tt/1S3MbuQ
12 Kebiasaan Buruk Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Mata - Artikel Kesehatan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "12 Kebiasaan Buruk Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Mata - Artikel Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top