8 Hal Sepele Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh - Artikel Kesehatan

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi dari kelebihan tidur menghadap ke kanan, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips dan informasi dari kesehatan tubuh kita yaitu, kebiasaan sepele yang bisa menganggu kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa kesehatan adalah harta yang paling berharga yang ingin sekali orang mendapatkannya, karena ketika anda mempunyai harta yang berlimpah dan anda sangatlah berkecukupan dalam kehidupan, akan tetapi keadaan tubuh anda sangat buruk dan tidak sehat. Hal tersebut akan terasa sia - sia karena anda tidak bisa mencicipi harga anda, terlepasa dari hal tersebut menjaga kesehatan tubuh kita adalah hal yang wajib kita lakukan, agar tubuh kita bisa selalu sehat dan juga bisa melakukan.

Yang menjadi pertanyaan kepada kita adalah bagaimanakah menjaga kesehatan tubuh kita, agar selalu dalam kondisi yang siap di gunakan oleh anda ketika akan bekerja atau juga akan melakukan hal sesuatu. Salah satunya adalah berolahraga yang rutin, dan juga makan makanan yang menyehatkan, karena kita tahu bahwa makanan atau jajanan anak kecil sekarnag banyak sekali yang tidak menyehatkan, mungkin anda bisa melihatnya di beberapa sekolah SD, SMP atau juga SMA. Nah selain dari faktor menjaga kesehatan tubuh, anda pun harus mengetahui hal - hal sepele yang bisa saja membuat kesehatan anda terganggu oleh perbuatan anda sendiri atau juga oleh orang lain, walaupun perbuatan tersebut kelihatannya tidak berbahaya bagi kesehatan. Nah di bawah ini ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa menganggu kesehatan tubuh.

1. Meludah Atau Mebuang Dahak Sembarang
Meludah Atau Mebuang Dahak Sembarang
 Ketika seseorang atau anda meludah sembarang tidak hanya jijik di lihat oleh orang akan tetapi juga hal tersebut bisa juga akan menyumbang penyakit ke orang lain, seperti contohnya ketika seseorang sedang sakit, walaupun sakitnya tidak sebegitu parah dan dia meludah atau membuang dahaknya, secara tidak langsung di dalam air ludah tersebut ada beberapa bakteri dan virus, dan bahkan ada virus yang bisa menyebar ke orang lain. Sayangnya meludah sembarangan masih sering dilakukan orang Indonesia, sampai-sampai harus dipasang peringatan di tempat-tempat umum seperti lapangan futsal.

2. Buang Sampah Sembarang
 Buang Sampah Sembarang
Mungkin yang satu ini banyak orang yang sudah mengetahuinnya, karena selain menyebarkan penyakit, buang sampah sembarang juga bisa membuat slokan atua got mampet, dan pada akhirnya bajir pun akan datang melanda daerah anda. Selain itu ketika anda membuat sampah sembarang terutama makanan yang sudah basi, lalat pun akan menghampiri sampah tersebut, dan ketika lalat tersebut sudah kenyang di sana, lalat pun bisa saja masuk ke rumah anda dan menyebarkan virus serta bakteri dari sampah makanan basi yang tadi di buang dengan sembarangan.

3. Buang Air Kecil Sembarangan
Buang Air Kecil Sembarangan
Urine normal seharusnya steril. Namun seperti dikutip dari WebMD, air kencing juga bisa mengandung bakteri atau jamur dan bisa menular ke mana-mana ketika ada orang pipis sembarangan. Hal tersebut di perparah dengan tidak adanya wc portable atau juga wc darurat di pingir jalan, kalau adapun hanya di masjid, di spbu atau pun di beberapa mall sekitar rumah anda, Jadi ada baiknya jika anda pergi keluar rumah pastikan bahwa anda tidak akan merasa ingin pipis di perjalanan.

4. Membuang Permen Karet Sembarangan
Membuang Permen Karet Sembarangan
Mungkin kebanyakan orang akan tidak care atau tidak peduli ketika mereka sedang mengunyah permen karet dan mereka membuangnya secara sembarangan tidak pada tempat sampah. Karena pada dasarnya pada permen karet adaya air liur orang yang mungkin saja orang tersebut sedang tiadak sehat tubuhnya. Dan virus dari tubuhnya bisa mengalir ke air liur dan masuk ke permen karet. Untuk tips saja ketika anda ingin membuang perme karena ada baiknya bungkus dari perme karet tersebut gunakan lagi untuk permen karena bekas tersebut.

5. Makan Tidak Cuci Tangan Terlebih Dahulu
 Makan Tidak Cuci Tangan Terlebih Dahulu
Mungkin ini adalah hal sepele yang mendasar akan tetapi akibatnya bisa menjadi hebat, ketika kita makan ada baikya kita mencuci tangan terlebih dahulu, baik itu anda akan makan dengan menggunakan sendok atau garpu. Karena bakteri di tangan bisa saja langsung jatuh ke makanan anda yang ada ditangan tadi. Adapun pernyataan dari Dr. Kirana Pritasari, MQIH dari Kementerian Kesehatan RI, beliau mengatakan bahwa "Penyebab kematian utama anak-anak akibat infeksi karena kontak langsung seperti diare dan influenza, tapi dengan mengubah perilaku seperti rajin cuci tangan bisa membantu mengurangi penyakit infeksi,".

6. Khawatir Atau Mempunyai Penyesalan
5 Hal Sepele Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh
Hal sepele yang trakhir mungkin sedang banyak orang yang merasakannya, pastinya setiap orang yang hidup di dunia ini pernah merasakan khawatir akan sesuatu atau juga mempunyai penyeslan terhadap dirinya sendiri atau kepada orang lain. Dua hal tersebut jika terus di pendam dan tidak di keluarkan akan menimbulkan stress yang bisa memicu penykait tumbuh, karena pada dasarnya penyakit yang masuk ke tubuh kita akan cepat berkembang biak dan merusak tubuh ketika tubuh sedang tidak stabil seperti stress tadi. Jadi ada baiknya anda ketika mempunyai masalah, cobalah untuk curhat pada teman, kerabat atau orang tua anda, siapa tahu bisa membantu dan juga bisa mendapatkan solusi yang terbaik, khususnya untuk keluarga, walaupun itu rahasia namun bisa merusak anda, ada baiknya anda curhatkan ke ayah atau ibu anda.

7. Menggunakan Handpone
Menggunakan Handpone
Memang tidak ada salahnya kita menggunakan HP apalagi di era globalisasi seperti sekarang peran HP di kehidupan kita sangat vital dan penting sekali, HP pun sudan masuk ke semua umur manusia mau itu anak kecil sampai orang dewasa pun rata - rata sudah bisa memainkan HP yang sekarang di sebut dengan smartphone. Namun hati - hati menggunakan alat komunikasi yang satu ini karena jika anda kelebihan menggunakan gadget mungkin sakit punggung atau leher pun bisa anda rasakan. Ketika seseoranng menggunakan HP otomatis penglihatan dan leher pun menunduk ke bawah tepatnya ke layar HP. Jika leher tersebut terus menunduk maka otot di leher pun bisa kaku dan yang akhirnya pegal di area tersebut. Oleh karena itu istirahat beberapa menit untuk menggerakan leher anda.

8. Menggunakan Komputer atau Laptop
Menggunakan Komputer atau Laptop
Untuk yang satu ini hampir sama dengan menggunakan smartphone atau sering kita sebut dengan HP, bekerja di kantoran memang kita tidak akan lepas dengan yang namanya komputer atau laptop, karena dengan mesin yang satu ini semua data dan pekerjaan kita bisa dikerjakan lebih maksimal dan tentunya mudah. Namun bekerja di depan layar komputer sama saja anda menonton TV seharian, radiasi pada layar komputer atau laptop cukup bisa membuat pandangan mata kita kabur atau lelah. Untuk mensiasatinya setiap 10 menit atau 5 menit usahakan untuk melihat objek lain selain layar komputer, atau jika memang anda lelah usahakan untuk tidur dan istirahat agar mata menjadi lebih segar kembali pada saat akan digunakan.

Mungin itu tadi informasi soal menjaga kesehatan dan apa saja hal sepele yang bisa menjadi penyakit bagi tubuh kita, Hal - hal sepele yang diatas pun bisa menjadi penyakit yang bisa merusak tubuh kita, apalagi ketika kita tahu bahwa hal tersebut bisa menjadi penyakit bagi tubuh kita, seperti rokok yang selalu kita hisap atau makanan yang kita tahu tidak bagus untuk tubuh kita, akan tetapi karena kita nafsu dan tidak tahu akibat dari hal tersebut kita lantas memakannya atau menghisapnya, dan hal tersebut ada baiknya jangan dilakukan jika anda mengetahui akibatnya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.


from Cinuy Blog http://ift.tt/1WCdfm4
8 Hal Sepele Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh - Artikel Kesehatan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "8 Hal Sepele Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh - Artikel Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top