4 Orang yang Tetap Hidup Meski Jantung di Luar Tubuh

Kita semua tahu dalam Imu Biologi terutama tentang anatomi tubuh yang kita pelajari sejak masih dibangku sekolah bahwa peranan Jantung sangatlah vital sebagai sumber kehidupan makhluk hidup baik manusia atau hewan. Bila jantung ini rusak atau pun berhenti bekerja, sudah dapat ditebak ikatan kontrak hidup pasti berakhir alias mati. Namun percayakah anda jika di dunia ini ada orang yang tetap hidup meski jantung di luar tubuh? Ini bukanlah cerita fiksi maupun dongeng semata tapi benar-benar terjadi di kehidupan nyata. 

Dikutip dari merdeka.com bahwa sampai saat ini dunia medis kedokteran telah menemukan  dari 4 orang yang tetap hidup meski jantung di luar tubuh. Pemirsa berita terbaru.id, silahkan simak cerita selengkapnya dibawah ini:

1. Kisah Ajaib Bocah 6 tahun dengan jantung di luar tubuh

Sebuah kisah aneh dan ajaib yang dialami oleh bocah bernama Ryan Marquiss, asal Pennsylvania, Amerika Serikat. Diketahui sejak ia masih berusia tiga tahun, dirinya terlahir dengan kelainan jantung. Dia menderita ectopia cordis atau jantung berada di luar tubuh. Hanya di bagian jantung kirinya yang berkembang normal. 

Orang yang Tetap Hidup Meski Jantung di Luar Tubuh

Ketika kehamilan ibunya menginjak 12 pekan, dokter memberitahu tentang kemungkinan hidup sang jabang bayi sangat kecil. Dokter menyarankan Leighann, ibu Ryan, menggugurkan kandungannya, seperti dilansir International Business Times, Februari 2012 lalu.

Namun ayah dan ibu Ryan memutuskan tetap meneruskan kehamilan itu. Setelah menjalani beberapa kali operasi selepas dilahirkan, Ryan kini tumbuh menjadi bocah berusia enam tahun.

2. Miliki jantung di luar tubuh, Christopher Wall  tinggal 3.5 tahun di rumah sakit


Sejak terlahir dengan jantung berada di luar tubuh, sang manusia tanpa jantung harus tinggal di rumah sakit anak-anak selama 3,5 tahun.

Dokter menduga dia tidak akan bertahan selamat. Tapi setelah menjalani beberapa kali operasi Wall bisa bertahan hidup setelah dilahirkan pada 10 Agustus 1975 di Rumah sakit Anak, Negara Bagian Philadelphia, Amerika Serikat. 'Dia suka berada di sini, dia suka bisa hidup,' kata ibunya, seperti dilansir infomory.com, Juni tahun lalu.

Kini Wall sudah menjadi pria dewasa. Meski bicaranya kadang tidak jelas dan pendengarannya terganggu tapi dia bisa lulus dari SMA pada 1995 lalu.
3. Aneh, Pria India bisa hidup normal meski jantungnya di luar badan

Sebuah kondisi luar biasa menimpa seorang pria asal India. Arpit Gohil, 18 tahun terlahir dengan jantung tumbuh di luar badan dan berada di antara tulang rusuknya.

Orang tua Arpit pada awalnya sudah pesimis akan harapan hidup putra mereka, karena kondisi anatomi yang sangat langka ini. Namun sebuah keajaiban membuatnya sanggup bertahan hingga sekarang.


Dalam istilah medis, kondisi ini dinamakan Pentalogy Cantrell, dimana sebuah organ vital berada di tempat yang bukan seharusnya, di luar tubuh. Mereka yang terlahir dalam kondisi ini harus mendapat perhatian khusus agar terhindar dari benturan langsung yang dapat mencederai kelangsungan hidupnya.

Kendati terlahir dalam kondisi 'ectopia cordis' yang hanya ada 165 kasus di dunia, dan "meski punya jantung di luar tubuh" Arpit tumbuh layaknya pemuda normal pada umumnya.

'Memanjat pohon, mengemudikan traktor membantu ayah di ladang, tidak ada permasalahan, walau dengan kondisi saya yang seperti ini,' ujarnya kepada koran India, Daily Bhaskar, seperti dilansir the Daily Mail, Jumat (23/10). Lebih jauh, Arpit mengaku tidak ada masalah yang berarti, meski jantungnya ada di tempat yang tidak seharusnya.

'Tenang saja, Saya dapat melakukan apa saja seperti pria-pria normal lainnya,' tambahnya.

4. Bocah berkelainan jantung ini disangka hanya hidup 12 menit setelah dilahirkan

Christopher Cobun terlahir dengan jantung berdetak di luar tubuh 17 tahun lalu. Dokter waktu itu mengatakan umurnya tidak akan lebih dari 12 menit. Tapi ternyata takdir berkata lain. Ibunya mengaku tidak pernah mengalami kelainan semasa kehamilan.

'Saya selalu merasa baik-baik saja,' kata Stacey Wehmann, ibu Christoper, seperti dilansir pople.com, lima tahun lalu.

manusia tanpa jantung

Namun ketika Wehmann menjalani pemeriksaan USG pertama kali dia mendapat kabar buruk itu. Jantung janinnya berdetak di luar tubuh. 'Itu sungguh menyedihkan,' kenang Wehmann, 42 tahun.

Tapi kini Cobun tumbuh layaknya anak normal, hanya saja di bagian dadanya dia harus memakai semacam lempengan plastik pelindung. Pemirsa beritaterbaru.id luar biasa bukan kisah 4 orang yang tetap hidup meski jantung di luar tubuh. Memang harus diakui, kehidupan ini sunggulah unik. Banyak kejadian-kejadian aneh yang sering terjadi meski diluar akal dan nalar logika manusia. 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "4 Orang yang Tetap Hidup Meski Jantung di Luar Tubuh"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top