Inilah 12 Kehebatan Dan Keunikan Dari Bahasa Indonesia di Mata Dunia - Artikel Kesehatan

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi unik, yaitu seputar fakta Nokia 1100 yang belum anda ketahui, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah informasi unik juga seputar bahasa yaitu, kelebihan dan juga kehebatan bahasa Indonesia di mata dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa adalah alat bagi manusia yang bisa membuat manusia tersebut bisa mengetahui perasaan lawan biacaranya atau juga hanya untuk berinteraksi satu sama lainnya. Dan di dunia ini banyak sekali bahasa yang digunakan oleh manusia, dan yang pastinya setiap negara pasti mempunyai bahasa masing - masing, dan untuk bahasa resmi yang bisa digunakan ketika kita mengunjungi negara lain, adalah bahasa Inggirs. Dengan bahasa tersebut kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di berbagai negara yang ada di dunia ini. Akan tetapi ada beberapa negara yang tidak respect atau juga tidak terlalu banyak masyarakatnya bisa atau juga jago dalam hal bahasa Inggirs, seperti negara di Asia yaitu Jepang.
Inilah 12 Kehebatan Dan Keunikan Dari Bahasa Indonesia di Mata Dunia
Indonesia sendiri memiliki bahasa resmi yaitu, bahasa Indonesia, yang bisa anda gunakan di berbagai wilayah di Indonesia, karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia mempunyai wilyah yang beranekaragam, dan di dalamnya ada beberapa kebudayaan dan bahasa daerah yang sangat berbeda dengan wilayah lainnya. Untuk negara tetangga kita Malaysia mempunyai bahasa melayu yang kata - katanya hampir sama dengan bahasa Indonesia, akan tetapi ada beberapa kata yang sangat tidak sama baik itu artinya atau juga pelapalannya dengan bahasa Indonesia, akan tetapi apakah anda tahu beberapa fakta yang terbaru dari bahasa resmi kita yaitu, bahasa Indonesia. Nah dibawah ini ada beberapa faktanya khusus untuk anda yang suka dengan Indonesia negara dan tanah kita.

1. Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan
Ternyata pelajaran bahasa Indonesia tidak hanya di pelajari di Indonesia saja, akan tetapi beberapa negara ada juga yang mempelajar bahasa Indonesia. Percaya atau tidak Bahasa Indonesia sudah digunakan di 45 negara di dunia, salah satunya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. Dan akibat hal tersebut bahasa Indonesia menempati peringkat ke 10 dalam hal bahasa yang paling banyak di pelajari di berbagai negara yang ada di dunia ini.

2. Bahasa Paling Populer di Australia
Ketika anda pergi ke negara tetangga kita australia, jangan aneh ketika anak kecil akan menyapa anda dengan selamat pagi atau juga selamat malam, jika mereka tahu bahwa anda adalah orang Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi lantaran bahasa Indonesia telah menjadi bahasa paling populer keempat di negara kangguru tersebut. Tidak hanya itu, di Australia sendiri ada beberapa universitas yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia, dan dengan hal tersebut membuat negara ini menjadi salah satu negara yang paling populer mengembangkan bahasa Indonesia.

3. Pusat Studi Indonesia ada di Afrika
Salah satu negara yang ada di benua afrika yaitu, mesir tercatat adalah negara yang paling mempopulerkan atau mengembangkan bahasa Indonesia. Negara piramid ini sedang mendalami bahasa Indonesia dengan lengkap dan teliti, sampai - sampai di negara mesir sudah di bangun Pusat Studi Bahasa Indonesia. Tempatnya berada di Suez Canal University, dengan begitu negara mesir bisa lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.

4. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola
Untuk anda yang menyukai olahraga yang merakyat ini yaitu, sepak bola mungkin anda sudah mengetahui bahwa beberapa website resmi dari klub terkenal seperti Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Telah bisa di akses dengan bahasa Indoensia. Hal tersebut menunjukan bahwa negara Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia.

5. Bahasa Yang Lama ada di Jepang
Di negara surganya Anime ini bahasa Indonesia sudah lama ada dan juga sudah lama di pelajari oleh beberapa masyarkat Jepang, selain itu di beberapa wilayah di Jepang sudah ada pusat - pusat studi bahasa Indonesia, dan salah satunya adalah Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. Sama seperti yang terjadi di Australia, universitas - universitas yang ada di Jepang sendiri sudah membuka jurusan khusus untuk bahasa Indonesia, beberapa dari universitas tersebut adalah Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitaas Setsunan.

6. Bahasa Yang di Prioritaskan di Vietnam
 Fakta unik yang terakhir ini mungkin belum banyak orang yang tahu, di negara Vietnam bahasa Indoenesia adalah bahasa kedua dari bahasa resmi negara tersebut. Status bahasa Indonesia di vietnam sama dan sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Hal ini menandakan bahwa negara Vietnam adalah negara kedua pengguna bahasa Indonesia, setelah negara Indonesia sendiri. 

7. Wikipedia Bahasa Indonesia Peringkat ke 3 di Asia
Wikipedia adalah salah satu website yang cukup banyak pengunjungnya dan sudah terkenal cukup lama, di sana banyak sekali ilmu entah itu sejarah atau juga sains yang bisa membuat kita lebih tahu banyak. Cocok sekali bagi para mahasiswa atau juga siswa yang sedang sekolah dan kuliah untuk menambah ilmunya, dan ternyata wikipedia berbahasa Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia, yang membuat 3 terbesar di asia setelah wikipedia Jepang dan Mandarin. Hal tersebut tidak terlepas dari para masyarakat Indonesia yang banyak mengupload artikel ensiklopedia pada wikipedia.

8. Ke 3 Banyak Digunakan di Wordpress
Untuk para IM atau sebutan Internet Marketing mungkin mengenal kata Wordpress sudah tidak asing lagi di telinga, Wordpress sendiri hampir sama dengan blog, namun kelebihannya leboh lengkap saja, membuat para blogger lebih mudah untuk mengoperasikan websitenya. Dan bahasa Indonesia sendiri adalah salah satu bahasa ketiga terbanyak yang digunakan di Wordpress. Indonesia pun adalah negara yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.

9. Bahasa dan Musik Indonesia Pernah ke Luar Angkasa
Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa bahasa Indonesia selain sudah mendunia namun sudah terbang ke luar angkasa, tepatnya pada saat satelit Voyager milik Amerika tanpa awak diluncurkan pada tahun 1977. Di dalam satelit tersebut terdapat sebuah piringan yang dimana piringan tersebut menyimpan beberapa file rekaman seperti gambar dan suara yang ada dibumi, petir, ombak, kicauan burung, suara musik dari berbagai budaya di beberapa negara dan juga terakhir ada rekaman ucapan salam darii 55 negara termasuk dari Indonesia.

10. Keunikan Angka Indonesia
Selanjutnya selain dari bahasanya yang sangat banyak sekali kelebihan yang tentunya kita banggakan sebagai penduduk Indonesia angka dari Indonesia juga memiliki keunikan tersendiri, Jika kita perhatikan huruf pertama dari angka Indonesia mempunyai satu huruf depan yang sama seperti contohnya Satu dengan Sembilan, lalu Dua dengan Delapan, atau Empat dan Enam. Dan jika kita jumlahkan seperti satu dnegan sembilan atau enam dengan empat maka jumlahnya menjadi 10. Mungkin fakta ini belum banyak orang mengetahuinya.

11. Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu
Mungkin anda sudah mengetahuinya bahwa bahasa Indonesia agak mirip dengan bahasa Melayu walaupun di beberapa kata atau makna ada yang berbeda. Namun pada dasarnya bahasa Indonesia merupakan bentuk bahasa melayu tinggi yang terstandarisasi sejak diadakannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1982. Oleh karena itu tidak heran jika kita berbicara dengan orang Malaysia atau orang Brunei kita akan sedikit - sedikit mengetahui arti atau makna dari pembicaraan tersebut.

12. Grammar Bahasa Indonesia
Kelebihan lain yang membuat bahasa Indonesia mudah untuk dipelajari oleh orang luar yaitu secara grammar atau sering kita sebut tata bahasanya relatif sederhana. Tidak ada perubahan kata kerja baik itu digunakan pada masa sekarang, kemarin atau untuk masa depan sekaligus, berbeda dengan bahasa Inggris yang seperti kita ketahui kata kerja akan berbeda sesuai dengan waktu. Namun walaupun cukup mudah dan tidak ada perubahan dalam kata kerja tetap menambahkan kata keterangan seperti besok, atau minggu depan bisa mengekspresikan waktu kejadian.

Nah bagaimana beberapa fakta yang belum banyak orang tahu seputar bahasa yang setiap harinya kita digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain di negara kita tercinta Indonesia. Banyak orang yang mengeluh dengan negara kita ini, akan tetapi ada beberapa aspek yang bisa kita banggakan dari negara kita ini, salah satunya bahasa kita yaitu, bahasa Indonesia. Sepatutnya kita harus menjaga bahasa kita agar tidak di ambil oleh negara lain atau juga hilang dan rusak di kemudian hari ketika cucu kita lahir di tanah air Indonesia.

Selain bahasanya yang mendunia, ada bahasa lain yang membuat negara kita ini cukup terkenal di luar negeri, yaitu bahasa daerahnya yang amat banyak, mungkin tidak bisa dihitung oleh jari, keragaman budaya dan bahasa bisa menjadi perbedaan diantara suku - suku di Indonesia, oleh karena itulah pemerintah menciptakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi untuk penduduk di Indonesia. Oleh karenanya bahasa Indonesia bukan hanya dijadikan bahasa kita sehari - hari, namun secara tidak langsung bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu wilayah - wilayah, suku - suku di Indonesia.


from Cinuy Blog http://ift.tt/1OpOSSw
Inilah 12 Kehebatan Dan Keunikan Dari Bahasa Indonesia di Mata Dunia - Artikel Kesehatan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah 12 Kehebatan Dan Keunikan Dari Bahasa Indonesia di Mata Dunia - Artikel Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top