12 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer - Artikel Kesehatan

Mata adalah salah satu panca indra yang pastinya semua orang mempunyai, banyak sekali orang yang suka melakukan pekerjaan mereka, dan mereka tidak tahu bahwa pekerjaan tersebut bisa membuat matanya rusak jika di lakukan terus menerus, seperti halnya jika kita bekerja di depan komputer atau juga bekerja yang memerlukan ketelitian sebuah mata. Sebenarnya ada tips untuk anda yang sekarang sedang menggeluti pekerjaan tersebut, anda harus memaksakan diri untuk hidup sehat, terutama pola tidur. Karena tidur adalah jam di mana anda harus mengistirahatkan mata anda, yang seharian penuh di gunakan untuk bekerja.
10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer
Sebenarnya tidur juga tidak terlalu efektif untuk menjaga kesehatan mata anda, anda harus rajin mengkonsumsi sayur atau juga buah - buahan untuk menutrisi mata anda, dan juga menjaga kesehatan mata anda. Dan cobalah untuk mengurangi pekerjaan anda, terutama untuk anda yang bekerja di depan komputer, terkadang kita selalu bekerja lebih, walaupun tubuh kita sudah tidak kuat lagi untuk bekerja, dan hal tersebut sangat tidak baik untuk organ tubuh anda, terutama untuk bagian mata. Adapun makanan yang sangat bagus untuk mata yaitu wortol, seperti yang kita tahu wortol mempunyai kandungan nutrisi yang baik serta vitamin a yang bagus akan kesehatan mata, nah di bawah ini ada tips sederhana untuk menjaga mata anda agar tetap bagus tidak mudah rusak atau pun tuidak mudah lelah saat bekerja atau pun membaca.

1. Gunakan Kaca Mata di Musim Panas 
Kita tahu bahwa di musim panas matahari sangat terik sekali, dan hal tersebut sangat menggangu akan mata anda jika anda pergi keluar untuk bekerja ataupu hanya jalan - jalan. Nah salah satunya yaitu mengguanakan kaca mata untuk mengurangi radiasi pada mata anda dari sinar UV yang dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

2. Perbanyak Sayuran dan Buah buahan 
Sudah di jelaskan tadi bahwa buah - buahan dan juga sayuran bisa meningkatkan kinerja mata anda ketika anda bekerja dengan menggunakan mata anda, dan kelebihan lainnya jika anda mengkonsumsi buah - buahan ataupun sayuran yang mengandung banyak vitamin a yaitu ketika anda membaca anda tidak akan cepat ngantuk dan juga selalu fresh saat anda bangun tidur. Ada sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

3. Gunakan Cahaya Yang Tepat 
Untuk anda yang bekerja banyak dengan komputer, pastikan cahaya lampu di ruangan anda tempat bekerja bekerja dengan normal, atau bercahaya dengan normal. Karena kala tinggi cahayanya atau juga redup cahayanya akan menggangu mata anda, walaupun anda sendiri tidak akan merasakannya langsung. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

4. Istirahatkan Mata Anda Dengan Waktu Yang Cukup 
Jangan paksa mata anda untuk 24 jam non stop di pakai terus, hal tersebut akan memperburuk kesehatan mata anda, ini bisa terjadi pada siapa saja terutama para remaja laki - laki yang suka hobi nonton bola dan kebanyakan acara bola selalu di tayangkan di jam - jam malam, alias di jam waktunya tidur. Untuk tips saja anda bisa melakukan hal ini yaitu menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh, sesering mungkin.

5. Pakai Lensa Mata Jika Anda Membutuhkannya 
Menggunakan lensa mat untuk keperluan sehari - hari memang sah - sah saja, akan tetapi satu hal yang harus dijaga dalam hal menggunakan lensa kontak mata ini, adalah menjaga kebersihan lensanya, karena banyak kasus tejadi mata dari si pengguna lensa kontak menjadi buta. Hal tesebut bisa tejadi karena tidak menjaga dengan baik lensa kontak tesebut sehingga baktei mudah masuk ke lensa, dan di saat di gunakan tangan anda harus dalam keadaan seteril terutama di bagian ujung jari anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

6. Mengurangi Cahaya Monitor 
Untuk anda yang selalu bekerja di depan monitor komputer atau laptop, ada baiknya cahaya dari monitor tersebut kurangi, karena cahaya yang terlalu silau bisa mempengaruhi fleksibilitas mata, apalagi untuk anda yang bekerja berjam - jam di depan monitor, selain di kurangi intens cahaya. Anda bisa menyeimbangkan cahaya dari monitor komputer atau laptop dengan cahaya dari ruang anda entah itu cahaya dari matahari langsung masuk ke kaca jendela, atau juga cahaya ruang dari lampu.

7. Menggunakan Filter Monitor 
Selain menjaga penchayaan di ruangan dan juga di monitor, anda pun bisa menggunkan kaca filter khusus untuk monitor komputer, namun untuk anda yang bekerja dengan laptop pun ada, namun berbeda jenisnya. Filter monitor ini bisa mengurangi cahaya yang cerah dan juga radiasi yang selalu ada dan sering dipancarkan oleh monitor ke tubuh kita, terutama pada mata. Namun jika komputer anda tidak bisa di pasang filter monitor, sebagai gantinya anda bisa menggunakan jenis kacamata terapi yang sama fungsinya untuk mengatur cahaya yang masuk pada mata, dan mengurangi radiasi pada mata.

8. Jaga Jarak Mata Dengan Monitor
Untuk membuat mata anda lebih sehat lagi walaupun anda sendiri selalu bekerja di depan komputer, yaitu dengan menjaga jarak antara monitor dengan mata anda, karena seperti yang kita tahu memandang terlalu di depan layar baik itu komputer, laptop, atua televisi sekalipun bisa membuat mata kita sakit dan juga lelah. Jarak yang ideal bagi mata pada saat melihat monitor adalah sekitar 50-100cm, untuk anda yang suka membaca atau hobi membaca buku ada baiknya atur jarak mata dengan buku yaitu sekitar 30cm. Dan dari sekarang tingglkan baca buku sambil tiduran dan juga di ruang gelap. Dengan menjaga hal tersebut mata anda pun bisa terhindar dari rabun dekat.

9. Menggunakan Ukuran Font Besar
Gunakan font dengan ukuran yang besar, mungkin tips yang satu ini jarang sekali orang mengetahuinya untuk kesehatan mata anda ketika bekerja di depan komputer, secara teknis menggunakan font kecil sama saja mata kita melihat objek yang kecil dimana mata akan terus fokus pada objek tersebut sampai terlihat dengan jelas, oleh karena itu kita sering sekali lelah ketika melihat objek yang jauh atau yang kecil. Jadi usahakan untuk menggunakan font yang besar pada saat anda bekerja di depan komputer. Idealnya sebuah font pada komputer berukuran 12, ukuran tersebut cocok untuk penglihatan mata anda.

10. Berhenti Merokok
Rokok tidak hanya bisa membuat paru - paru anda dalam bisa dalam keadaan sekarat, namun organ lain pun bisa saja terpengaruh oleh asap rokok ini, salah satunya yaitu mata. Untuk anda yang suka merokok atau merokok sambil menggunakan komputer maka besar kemungkinan mata anda bisa terkena katarak atau kerusakan saraf optik dan degenerasi makula. Selain itu studi juga menunjukan perokok yang aktif dapat memiliki peningkatan 3 kali lipat resiko pengembangan AMD. Dan sedangkan orang yang tidak merokok atau berhenti merokok secara permanen dapat mengurangi resiko mengembangnya AMD dan tentunya mata anda pun akan tetap sehat.

11. Jangan Lupa Olahraga
Walaupun pada dasarnya anda harus bekerja di depan komputer seharian namun ada baiknya anda mempunyai 1 atau dua hari dimana anda tidak bekerja di depan komputer dan digantikan dengan berolahraga. Sesibuk apapun pekerjaan anda ada baiknya olahraga yang ditinggalkan karena seperti yang kita tahu makan buah buahan atau sayuran setiap hari secara rutin tidaklah cukup. Olahraga adalah salah satu pelengkap dimana tubuh anda akan kuat dan juga tetap terjaga dalam kondisi bagus. Untuk olahraganya sendiri tidak perlu yang berat cukup jogging atau bersepadah saja sudah cukup membuat tubuh anda lebih optimal

12. Beristirahat Dengan Cukup 
Tentu tubuh kita mempunyai batas tersendiri dimana melakukan sebuah pekerjaan harus dihentikan sama halnya ketika kita bekerja di depan komputer. Jika anda sudah lelah jangan dipaksakan untuk dibereskan, istirahatlah terlebih dahulu, hal ini selain membantu otak anda beristirahat mata anda pun secara tidak langsung akan beristirahat melihat layar komputer. Tidur adalah salah satu istirahat yang dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuh sekaligus mata anda. 

Nah mungkin itu tadi ada 5 tips yang bisa anda gunakan untuk mencegah dan juga menyehatkan mata anda, yang selalu di pakai untuk bekerja setiap harinya, terkadang keinginan perasaan kita tidak sesuai dengan badan kita untuk melakukannya, hal tersebut sama dengan ketika kita ingin sekali bekerja karena pekerjaan kita belum selesai, akan tetapi tubuh kita sudah tidak kuat lagi mengerjakan pekerjaan tersebut, dan hal tersebut sangat membahayakan kesehata tubuh anda. Banyak sekali orang yang stress, dan cepat terkena penyakit walaupun mereka hanya duduk di kursi dan bekerja dengan komputer atau laptop. Ingatlah untuk anda sehat itu harta yang sangat amat mahal maka jagalah anggota badan anda untuk dalam keadaan yang sehat. Terima kasih sudah mengujungi blog ini.


from Cinuy Blog http://ift.tt/22KtBQV
12 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer - Artikel Kesehatan
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "12 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer - Artikel Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top